Halaman

Senin, 16 Desember 2013

Think Big Act Small by Jason Jennings


Akhirnya saya menandaskan halaman-halaman pembuka dengan nomor-nomor kecil romawi hingga halaman 364 versi terhemahan ke dalam bahasa indonesia revisi ke-dua karya jennings ini.

Sederhana nya buku ini dibangun dengan hipotesis bahwa perusahaan dengan peningkatan keuntungan mencapai 10% atau lebih secara konsisten dalam 10 tahun pasti menyimpan kiat sukses yang layak digali.

Namun yang hebat, buku ini menyajikan rentetan fakta kuantitatif dan kualitatif yang tidak membosankan, karena setiap objek menjadi bernyawa dengan meng-ekspos personal dari pemimpin yang kemudian disandarkan berurut-urutan dengan fakta atau angka dari perusahaan yang dibahas.

Jenning menyajikan lagi apa yang ditulisnya 5 tahun ke belakang, dan menyajikan fakta yang mengagumkan tentang pertumbuhan yang terus konsisten 
Dalam rentang tersebut sama konsistennya dengan 10 tahun saat dia menulis edisi pertama. Seolah-olah sebagai ke-absahan dari hipotesisnya tentang berpikir besar dan bertindak kecil.

Jika kau mencari trik peluang bisnis atau ingin kisah-kisah heroik seperti keluarnya jobs dari apple atau betapa revolusionernya gates, hingga keberuntungan mark zuckerberg, mungkin ini bukan buku yg tepat. Buku ini lebih kepada kegigihan dan kemampuan untuk beradaptasi dalam pasar.

Sayangnya, hampir sampai di akhir, Jennings menurut saya Merusak keindahan format bagian sebelumnya yang "mengungkapkan" berubah menjadi seolah "menggurui". Mungkin dia lupa sedang menjadi penulis bukan Motivator di depan kelasnya :)

Riset yang panjang, fakta yang berjibun, tim yang kuat (lebih dari 100 orang katanya), ribuan transkrip wawancara, jelas sudah ini bukan karya main-main. Untuk kategori manajemen, saya ragu dalam waktu dekat akan ada penulis dengan stamina (dan sumber daya) sekuat Jennings, kecuali Mrs. Bauer juga akan menulis tentang bisnis? Ehehehe

Tidak ada komentar: