Halaman

Sabtu, 11 Agustus 2012

Steve Jobs by : Walter Isaacson

Yeah, you are right. Buku ini tentang si jenius di balik Ipad dan Iphone, tokoh yang sama di belakang hadirnya machintos dan komputer mac serta perusahaan raksasa Apple.

Isaacson menuliskan biografi ini atas permintaan jobs yang sekarat karena penyakitnya. Buku ini boleh dianggap satu-satunya buku yang "cukup" mewakili jobs untuk menyampaikan bagaimana dia dan pemikirannya kepada dunia.

Jobs, tentu bukanlah orang yang masih perlu popularitas (saya rasa dia manusia terpopuler abad ini), terlebih dia sendiri menyadari kemungkinan besar dia tidak akan ada lagi pada saat buku ini diterbitkan, dan seperti itulah kenyataan yang terjadi. Bagi saya, buku ini lebih seperti sarana kontemplasi jobs dengan merunut dan mengingat kembali perjalanan hidupnya dan menceritakannya pada Isaacson yang kemudian melakukan konfirmasi terhadap sumber-sumber terkait dalam cerita Jobs. Kadangkala kau akan menemukan cerita Jobs diamini oleh pihak lain yang terlibat dan kadangkala disangkal keras oleh narasumber, dan Isaacson menuliskan kedua sisi ini dengan baik. Disorientasi personal Jobs yang terkenal sangat kentara dalam buku ini dan karena itu saya berani menyatakan buku ini cukup mewakili dia. Steve Paul Jobs mewariskan kisahnya pada kita melalui pena tajam Walter Isaacson.

Tidak ada komentar: