Halaman

Senin, 09 Juni 2014

wintosac

konversi file rekaman seismik dengan format win ke format sac agak tricky. Berdasarkan hasil googling, saya tidak menemukan cara yang mudah untuk melakukan ini. Uehira menyediakan tool untuk melakukan ini yang tersedia dalam win32tool. namanya wintosac. setelah proses instalasi sederhana selesai. baris berikut adalah perintah yang coba saya jalankan.

 cat nama_file_win_format |shmdump -tq - channel_id|wintosac -t file_table_win channel_id 


error pertama yang saya temui adalah segmentation failed. ternyata masalah ini terjadi karena perintah shmdump memanggil shmget yang gagal dieksekusi dikomputer saya (macbook pro retina late 2011). Googling lagi, dan solusi menaikkan angka kern.sysv.shmseg pada file /etc/sysctl.conf.pg berhasil untuk saya. Pada kasus saya, saya menaikkan semua variabel pada file ini (kern.sysv.shmmax;kern.sysv.shmmin;kern.sysv.shmmni;kern.sysv.shmseg;kern.sysv.shmall) menjadi 4 kali dari nilai yang ada sebelumnya.

Tidak ada komentar: